Laman

TULIS APA YANG DIRENCANAKAN, KERJAKAN YANG DITULIS.

HTML scrollbox

Rabu, 04 Mei 2011

Walau Berat, Bang Yos Siap Verifikasi Parpol

VIVAnews - Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Sutiyoso mengaku verifikasi partai politik memang berat untuk dilakukan. Tapi Sutiyoso telah bertekad meloloskan PKPI dalam verifikasi, hingga dapat mengikuti Pemilu 2014.

"Verifikasi ini berat banget, tapi saya dan kader-kader lain sudah bertekad kita harus bisa. Fokus kita sekarang memang menghadapi verifikasi supaya bisa ikut pemilu," ujar SUtiyoso usai acara Dialog Kenegaraan di DPD RI, Jakarta, Rabu 20 April 2011.

Kenapa tidak bergabung dengan partai lain yang lebih kuat saja?

Menurut Sutiyoso, bergabung dengan partai lain akan membuat status para kadernya yang berada di DPRD tersebut menjadi tidak jelas. Jika partainya melebur dengan partai lain, maka kadernya akan dikeluarkan dari DPRD karena partainya sudah tidak ada lagi.

"Bayangkan, saya mempunyai 211 anggota DPRD di tingkat I dan II seluruh Indonesia. Kalau tiba-tiba partai ini dilebur jadi namanya apa lain lagi, lalu nanti kader-kader yang di DPRD itu mewakili siapa?" kata Bang Yos, sapaan akrabnya.

Bang Yos memahami, sejumlah partai kecil yang bergabung memang sebagai strategi menghadapi verifikasi. "Kalau saya, mending saya hadapi saja," ucapnya.

Apa saja yang memberatkan partainya dalam menghadapi verifikasi parpol itu?

"Ada syarat harus 100 persen provinsi, itu nggak masalah, saya kira juga kita bisa. Tapi di seluruh provinsi itu, 75 persen kabupaten/kota," jelas Sutiyoso.

"Dari kabupaten/kota itu, 50 persen kecamatan. Kecamatan itu ada 6600an, sehingga separuhnya itu 3300. Bayangkan saja. Tapi memang saya akali, kecamatan-kecamatan itu adalah rumah-rumah kader supaya kita tidak menyewa," lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta ini. (sj)
• VIVAnews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar